Cara Mudah Membuat Whipped Cream Sendiri Di Rumah

Bagaimana cara membuat cream kocok atau whipped cream yang mudah dan nggak ribet? Whipped cream atau lebih dikenal dengan krim kocok, biasanya digunakan untuk topig kue tart, minuman dingin atau yang lain.

Umumnya whipped cream ini terbuat dari protein susu hewani. Namun saat sekarang ini whipped cream tidak hanya diolah dari lemak hewani tapi juga dari lemak nabati atau lemak yang berasal dari tumbuhan.


Cara Membuat Whipped Cream untuk Minuman dan Makanan

Berikut ini sedikit tips tentang cara membuat whipped cream sederhana dan sangat mudah untuk dicoba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:
  • 1 Cup Heavy cream sebagai bahan dasar,
  • 1/3 cup gula icing (gula pasir yang sudah dihaluskan)
  • ½ sendok teh Vanili ekstrak
  • 100 gram putih telur
  • Tambahkan sejumput garam untuk membuat rasa menjadi lebih kuat
Tips membuat whipped cream:
  1. Siapkan mangkok atau wadah dengan ukuran yang cukup besar, hal ini untuk menghindari cream tumpah karena whipped cream akan mengembang lebih banyak dari bahan dasarnya yaitu heavy cream.
  2. Penggunaan gula icing atau gula halus mempunyai tujuan untuk membuat cream lebih kental
  3. Gunakan telur yang masih segar, pilih heavy cream, atau full cream atau cream yang memang khusus untuk membuat whipped cream atau cream kocok.

Cara Membuat Whipped Cream Sederhana

- Dengan menggunakan wadah mangkok besar, aduk telur dan cream menggunakan mixer. Penggunaan mixer akan membantu membuat cream cepat fluffy atau tebal, padat dan halus

- Setiap 1 menit matikan mixer atau kurangi kecepatan mixer kemudian naikkan lagi.

- Ulangi sekitar 2-3 kali kemudian tetap gunakan kecepatan tinggi sampai krim menjadi putih dan ringan.

- Untuk memberikan rasa manis, tambahkan gula icing atau gula bubuk kedalam cream kemudian aduk kembali menggunakan ,ixer.

- Jika dirasa cream sudah cukup fluffy atau padat, whipped cream siap untuk ditambahkan sebagai hiasan pada makanan atau minuman.

Note:
  • Heavy cream merupakan cream yang khusus digunakan untuk membuat whipped cream. Heavy cream kini cukup mudah didapatkan karena sudah banyak dijual di toko toko. Misalnya Anchor, Rosella, BakersMix, Rich, Vivo, Vivo Ace 500 dan Elle & Vire.