Macam Macam Vitamin dan Kegunaannya

Vitamin bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikomsumsi. Namun adakalanya seseorang butuh vitamin tambahan saat sakit atau dalam tahap pemulihan setelah mengalami sakit.
Berikut Macam Macam Vitamin dan Kegunaanya
1.Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin yang memiliki fungsi dalam pembentukan dan kesehatan indra penglihatan, memelihara kesehatan kulit, dan sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin A dapat ditemukan pada bahan makanan seperti susu, ikan, sayuran hijau, serta buah merah dan kuning.

2.Vitamin B
Merupakan vitamin yang berfungsi untuk kebutuhan metabolisme dalam tubuh, membentuk sel darah merah (eritrosit), dan mencegah terjadinya penyakit beri-beri. Kekurangan vitamin B menyebabkan kulit tampak bersisik, mulut kering, kram otot, gangguan pencernaan, mual, muntah, anemia, dan bibir pecah-pecah. Vitamin B terdapat pada gandum, susu, daging sapi, jagung, telur, beras, ikan, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

3.Vitamin C
Merupakan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, membentuk kolagen bagi kulit, sendi, tulang, menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kanker, dan menjaga jaringan di dalam tubuh. Vitamin C banyak ditemukan pada buah jeruk, bunga rosella, dan berbagai jenis buah-buahan lainnya.
4.Vitamin D
Merupakan vitamin yang membantu pembentukan dan menguatkan tulang dan gigi, mencegah terjadinya kerapuhan tulang (osteoporosis), dan mencegah terjadinya pertumbuhan kaki yang kurang normal atau bentuk O, dan penyakit tulang lainnya. Vitamin D terdapat pada cahaya matahari pagi.
5.Vitamin E
Merupakan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga jaringan mata, sel darah merah, sampai hati. Vitamin E juga merupakan senyawa antioksidan yang baik bagi pencegahan berbagai penyakit. Vitamin E terdapat pada ikan, ayam, kuning telur, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

6.Vitamin K
Merupakan vitamin yang berperan aktif dalam sistem peredaran darah, menutup luka, dan mencegah peradangan (inflamasi). Vitamin K terdapat pada susu, kuning telur, dan sayuran segar.

Itulah macam macam vitamin dan kegunaanya masing masing.