Cara Mengatasi Kode Kode error pada Modem

Modem berasal dari singkatan MO dulator DEM odulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. 

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Inilah error Code Pada Modem


Jika terjadi masalah seperti diatas pastikan computer atau laptop yang digunakan untuk koneksi internet, tidak digunakan untuk aplikasi lain untuk pengaturan port USB nya, contohnya COM1 awalnya digunakan untuk internet dengan modem Haier c700 dan ZTE C261 lalu digunakan juga untuk port PCsuite. Anda bisa mencoba untuk memindahkan port USB ke port USB yang lain, jika masih gagal anda bisa untuk melakukan install ulang driver pada port USB yg belum di atur untuk aplikasi apapun.


Jika terjadi masalah seperti diatas pastikan computer atau laptop yang digunakan untuk koneksi internet untuk username, password & nomor dial up benar setelah itu restart Computer atau laptop anda dengan keadaan Handphone tersebut tetap terhubung ke komputer atau laptop anda./ Pulsa habis juga akan keluar kode seperti ini


Jika terjadi masalah seperti diatas pastikan computer atau laptop yang digunakan untuk koneksi internet kabel data terhubung dengan benar antara Handphone & Computer atau Laptop (ketika kabel data dihubungkan ke HP muncul ready for data) lalu tes Query Modem di jendela Diagnostic pada device manager tunggu sampai ada respon sukses atau anda bisa restart computer atau laptop anda dengan keadaan Handphone tersebut tetap terhubung ke komputer atau laptop anda.


Jika terjadi masalah seperti diatas pastikan computer atau laptop yang digunakan untuk koneksi internet untuk username, password & nomor dial up benar setelah itu restart Computer atau laptop anda dengan keadaan Handphone tersebut tetap terhubung ke komputer atau laptop anda. Jika masih gagal maka nomor CDMA harus di registrasi ulang (update).


Jika anda menemukan kendala seperti ini pastikan modem tdk rusak, sudah terhubung ke komputer atau laptop dengan benar, install driver portUSB. Cek nama portUSB (COM?) di Device Manager sdh muncul apa belum ? bila sudah : pastikan tdk ada tanda ? atau !, bila ada portUSB harus di install ulang.


Jika menemukan kendala seperti ini solusinya : menu — control panel — network conection —- local area connection — properties — I.P — properties — I.P address — pidahkan ke automatic dan dipastikan tidak ada koneksi modem lain yg masih terhubung.


Jika menemukan kendala seperti ini pastikan modem dalam keadaan terpasang ke laptop / PC customer , pastikan posisi USB cable dalam keadaan benar2 terpasang & tidak goyang , pastikan juga port USB nya tidak bermasalah


Jika menemukan kendala seperti ini check device manager , apakah Via Telecom CBP USB modem , Via Telecom ETS Device , Via Telecom USB Hub Device telah terinstall dengan sempurna [ tidak ada tanda seru kuning ] , pastikan firewall mati , ini terjadi kalau salah setting network connection


Jika menemukan kendala seperti ini pastikan tidak ada driver modem lain / firewall nya pastikan dalam keadaan non aktif , disable semua driver modem , disable antivirus , disable firewall